blkppn_regency

Balikpapan Regency, Pasarkan Rumah Mungil Rp450 Jutaan Dengan DP Hanya Rp 10 juta

Balikpapan Regency adalah perumahan favorit skala besar versi Majalah HousingEstate tahun 2014 di Kalimantan Timur. Di tengah developer lain kesulitan menjual rumah, perumahan yang terletak di pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jl Syarifuddin Yoes, dalam waktu singkat sukses memasarkan ratusan unit rumah.

Februari lalu developernya, PT Mutiara Bahagia Abadi, melansir rumah mungil tipe 30/72 dan 36/90 yang dibandrol mulai Rp350 jutaan di klaster Valencia. Lebih dari 150 unit sold out hanya dalam waktu kurang dari enam bulan. Konsumennya kebanyakan karyawan perusahaan swasta nasional dan multinasional di bidang mining, oil, dan gas, seperti Total dan Schlumberger. Dalam waktu dekat developer juga akan menadatangani MoU dengan perusahaan minyak nasional untuk pengadaan rumah bagi karyawan.

“Dalam kondisi ekonomi nasional dan global sedang melambat seperti sekarang rumah yang pasarnya masih gemuk adalah rumah untuk konsumen segmen B da C. namun demikian rumah untuk segmen A tetap kami sediakan meski ceruk pasarnya tipis seperti di klaster De Royale yang dilansir di awal tahun ini,” ujar Tony Hartono, Chief Marketing & Project Corporate PT Sanubari Mandiri Realtindo (SMR Group).

PT Mutiara Bahagia Abadi adalah anak perusahaan dari SMR Group. Selain sukses mengembangkan Balikpapan Regency, perusahaan besutan mantan Ketua Umum DPP REI Yan Mogi ini juga sudah berhasil mengembangkan beberapa perumahan (landed house) dan apartemen seperti Grand Depok City di Depok dan Apartemen Mitra Oasis di Jl Senen Raya Jakarta Pusat dan Apartemen Mitra Sunter di Jakarta Utara.

New Valencia

Untuk memenuhi permintaan rumah berharga Rp450 jutaan, developer bulan September ini memasarkan klaster New Valencia. Klaster baru ini merupakan perluasan dari klaster Valencia. Lokasinya strategis di seberang masjid raya Balikpapan Regency.

Ke depan lokasi klaster ini akan makin strategis menyusul dibangunnya gerbang kedua Balikpapan Regency di jalan by pass yang menghubungkan kota Balikpapan dengan Samarinda. “Jadi ideal sekali bagi konsumen yang sering tugas ke Samarinda dan kota-kota lain di Kalimantan Timur,” ujar Tony.

Tipe rumah yang dikembangkan di Klaster New Valencia sama dengan di klaster Valencia, yaitu tipe 30/72 yang dibandrol Rp450 jutaan dan rumah konsep tumbuh dengan luas bangunan 36 m2 di atas kaveling ukuran 6 x 15 m seharga Rp500 jutaan. “Bagi konsumen yang berencana menambah kamar atau ruang makan yang menyatu dengan dapur, saya sarankan beli tipe 36/90,” tambah alumni IBIi (Kwik Kian Gie School of Business) Jakarta itu.

Sekolah terpadu

Balikpapan Regency adalah satu dari beberapa perumahan berskala besar di Balikpapan yang sudah memiliki fasilitas lengkap. Selain masjid raya dan komplek ruko yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari, ada wahana wisata air Caribbean Island Water Park yang dibuka untuk umum. Di dalamnya tersedia kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, menara luncur, taman bermain, dan lain-lain. Pengunjungnya sangat ramai terutama di akhir pekan dan hari libur nasional. Selain dari Balikpapan, banyak juga yang berasal dari kota-kota lain di Kalimantan Timur.

Tersedia pula ATM Centre yang telah dimanfaatkan oleh delapan bank, antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN, serta supermarket Maxi yang menjual kebutuhan seharihari. Untuk sarana pendidikan, Sekolah Al-Azhar, sekolah Islam terpadu paling favorit di Jabodetabek, sudah memperoleh lahan di kawasan Balikpapan Regency. Rencananya mulai tahun ajaran 2016/2017 sudah melakukan kegiatan belajar mengajar.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, developer membangun sarana pengolahan air bersih (water treatment plant-WTP) yang kapasitasnya cukup untuk menyuplai kebutuhan seluruh penghuni yang jumlahnya mencapai 4.600 KK. Kelebihan Balikpapan Regency lainnya adalah lokasinya yang dekat dengan pusat kota. Untuk menuju ke beberapa pusat belanja Borneo Bay dan E-Walk Balikpapan di Jl Jend. Sudirman misalnya, hanya 10 menit. Demikian pula ke bandara internasional Sepinggan juga hanya 15 menit. “Balikpapan Regency betul-betul terletak di pusat kota sehingga ke mana-mana dekat,” terang ayah dari dua anak ini.

Investasi

Selain memiliki fasilitas lengkap, lokasi di tengah kota, dan dikembangkan oleh developer kredibel, tingginya animo konsumen membeli rumah di Balikpapan Regency juga karena lokasinya prospektif sehingga sangat menguntungkan untuk investasi. Sebagai gambaran, rumah tipe 30/72 di klaster Valencia saat dilansir Februari lalu hanya Rp350 jutaan, sekarang tipe yang sama di New Valencia sudah naik Rp100 juta menjadi Rp450 jutaan. Jadi dalam jangka enam bulan sudah ada kenaikan harga hampir 30 persen.

Daya tarik lainnya karena Balikpapan Regency memiliki land bank yang luas, masih 40 persen lagi yang belum dikembangkan. “Sudah lazim di bisnis properti jika satu perumahan memiliki land bank yang masih luas, memiliki peluang besar harganya akan naik tinggi,” tambahnya.

Klaster mewah

Bagi konsumen yang membutuhkan rumah mewah dilengkapi fasilitas club house yang eksklusif untuk penghuni klaster, tersedia di De Royale. Di klaster ini developer menawarkan rumah dua lantai tipe 90/120 yang dibandrol Rp1,2 miliar dan 150/220 Rp2 miliaran. Pilihan lain rumah medium di klaster de Castarica mulai tipe 45/90 Rp800 jutaan hingga rumah dua lantai tipe 100/150 Rp900 jutaan.

Bagi yang ingin mengembangkan usaha di Balikpapan Regency, tersedia ruko Blossom dua lantai ukuran 4,5 x 15 m seharga Rp1,4 miliar. Tahap pertama sebanyak 15 unit sudah sold out. Sekarang sedang dipasarkan tahap kedua juga berjumlah 15 unit. Segeralah beli rumah di kawasan perumahan yang sedang berkembang dan harganya reasonable. [ADV]

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^