kbp_8615

Berita Dari Bandung, Kota Baru Parahyangan Bandung Fasilitas Kian Lengkap & Makin Menguntungkan

Kota Baru Parahyangan (1.250 ha) di Jl Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, di usianya memasuki tahun ke-15 perkembangannya semakin pesat setelah memiliki akses tol langsung (direct access toll) dari gerbang tol Padalarang di ruas tol Purbaleunyi. Mobilitas warga dari kota baru tersebut ke Kota Bandung dan kota-kota lain di sekitarnya makin mudah dan cepat sehingga semakin hari semakin banyak orang yang tertarik membeli properti di kota besutan PT Belaputera Intiland ini.

Apalagi fasilitas yang disediakan semakin lengkap. Bahkan sebelum dioperasikan akses tol baru itu produsen furniture kelas wahid, Cellini, sudah mengoperasikan Flagship Store-nya di Kota Baru Parahyangan, kemudian disusul pembukaan Lorenza Bedding Solution yang menjual beraneka tempat tidur merek branded seperti Spring Air, Dunlopillo, dan Lady Americana. Masih di di kawasan home & living center Bumi Indraprasta, Januari 2015 lalu juga dibuka House of Roman, show room keramik Roman terbesar di Indonesia, dan Marketing Gallery Kota Baru Parahyangan.

Fasilitas-fasilitas tersebut melengkapi fasilitas-fasilitas lain yang telah ada sebelumnya. Seperti Mason Pine Hotel, hotel bintang empat dengan fasilitas sport club terlengkap. Kemudian ratusan unit ruko di sepanjang Jl Raya Parahyangan dan Koridor Bandoeng Tempo Doeloe, serta rumah sakit Cahya Kawaluyan dengan kapasitas 150 tempat tidur yang segera ditingkatkan menjadi 200 tempat tidur

Segera Hadir Kampus Universitas Maranatha Bahkan untuk fasilitas pendidikan di Kota Baru Parahyangan sudah terbilang lengkap, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SMP, SMU, hingga perguruan tinggi. Untuk pendidikan dasar-menengah telah ada Damian School, Sekolah Cahaya Bangsa Classical School, Bandung Alliance International School, Al-Irsyad Satya Islamic School, dan terbaru Sekolah BPK Penabur yang menerima murid mulai tahun ajaraan 2014/2015.

Sementara untuk jenjang pendidikan tinggi ada Akademi Bahasa Asing International (ABAI) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) milik Yayasan Borromeus Bandung, serta Universitas Maranatha, salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Bandung, dalam waktu dekat juga memulai pembangunan kampusnya persis di seberang Tatar Kamandaka.

Dijadwalkan tahun ajaran 2016/2017 Universitas Maranatha sudah memulai kegiatan perkuliahan beberapa program studi di kampus terbarunya di Kota Baru Parahyangan ini. “Saat ini sedang dalam proses perizinan dan kalau perizinan sudah selesai langsung dilanjutkan pembangunan. Start pembangunan dimulai tahun ini,” ujar Ryan Brasali, GM PT Belaputera Intiland.

Sport Club II Segera Beroperasi

Fasilitas lain yang segera dioperasikan adalah Sport club dengan luas bangunan 5.000 m2 yang dikembangkan di area 1,6 ha. Sport club kedua di Kota Baru Parahyangan ini memiliki lebih dari 10 wahana, antara lain kolam renang olympic size, kolam renang anak-anak, dan kolam renang air panas, fitness center, aerobic, lapangan badminton dan futsal indoor, resto, dan kafe.

Selain untuk penghuni, sport club ini juga dapat digunakan masyarakat umum. “Rencananya setelah Lebaran atau paling lama September mendatang sport club II sudah beroperasi. Progress pembangunannya sudah memasuki tahap finishing. Sekarang sudah mulai rekrutment manager dan karyawan,” ujar Raymond Hadipranoto, Marketing Manager PT Belaputera Intiland.

Lapangan Golf on Progress

Melihat populasinya yang sudah lebih dari 3.000 KK, mendorong developer untuk terus menambah fasilitasnya. Sambil merampungkan pembangunan jembatan yang menghubungkan area pengembangan tahap I dan II, sejak April lalu sudah dimulai kegiatan pembangunan lapangan golf 18 hole di lahan seluas 70 ha di area pengembangan tahap II.

“Pada semester kedua nanti kami akan lebih gencar merealisasi pembangunan fasilitas sehingga meningkatkan nilai tambah rumah dan subproperti lain yang sudah terjual. Kami harapkan dua tahun lagi lapangan golf juga sudah bisa dioperasikan,” ujar Sanusi Tanawi, Dirut PT Belaputera Intiland.

Otomotif center

Sejalan dengan komitmen developer menambah fasilitas, animo perusahaan swasta nasional dan multinasional melebarkan sayap usahanya ke Kota Baru Parahyangan juga makin tinggi. Bank BCA misalnya, sudah selesai membangun gedung dan segera membuka kantor cabangnya di area financial center Bumi Paranggelung menyusul Bank OCBC NISP, CIMB Niaga, dan Bank BRI yang sudah lama mebuka kantor cabangnya.

Bandung oto butik sebagai showroom mobil supercar seperti Lamborghini juga akan membangun showroomnya di otomotif center Bumi Prastitana yang terletak di samping SPBU Pertamina Jl Raya Parahyangan. Beberapa dealer lain pun akan segera merealisasi pembangunan showroom-nya di area ini.

Animo Beli Rumah dan Ruko Tetap tinggi

Dengan komitmen developer seperti itu membuat semakin banyak orang yang tertarik beli properti di Kota Baru Parahyangan sehingga secara alamiah nilai rumah dan rukonya mengalami kenaikan yang signifikan. Sebagai gambaran rumah tipe 65/125 di tatar Banyaksumba, saat dilansir 15 tahun lalu harganya Rp125 juta, sekarang tipe yang sama sudah Rp1 miliaran. Jadi ratarata kenaikannya hampir 50 persen per tahun.

Karenanya meskipun pasar properti secara nasional sedang mengalami penurunan, animo konsumen membeli rumah dan ruko di Kota Baru Parahyangan tetap tinggi. Buktinya, penjualan kwartal pertama tahun ini tetap tinggi. “Penjualan bulan Januari, Februari, dan April bagus, sesuai target,” terang Raymond.

Rumah yang paling diminati konsumen adalah rumah bergaya art deco di Koridor Bandoeng Tempo Doeloe (KBTD) terutama rumah satu lantainya.. Di KBTD saat ini sedang dipasarkan rumah satu lantai tipe Teja Asri-D 310/495 seharga Rp4,81 miliar per unit, tipe Purba Asri 348/588 Rp5,41 miliar, tipe Tirta Asri (Var C) 315/579 Rp6,01 miliar dan tipe Subang Tirta Asri (Var A) 268/444 Rp5,06 miliar.

Kemudian tipe Kumala Asri 347/504 Rp5,76 miliar, tipe Candra Asri 336/392 Rp4,4 miliar, tipe Candra Asri B 340/532Rp5,48 miliar, tipe Candra Asri Sudut 349/560 Rp5,8 miliar dan tipe Candratirta Asri 343/703. Untuk rumah mungil ada di Tatar Wangsakerta 2. Tersedia tipe Wangsawulan 65/126 Rp1,02 miliar, tipe Wangsakomala 97/162 Rp1,36 miliar dan tipe Wangsaagung 116/220 Rp1,88 miliar. Di Tatar Kamandaka tersedia tipe Kamankomala 183/240 Rp2,27 miliar dan tipe Kamanprabu 220/415 Rp3,18 miliar.

Bagi yang ingin mengembangkan usaha di bidang kesehatan dan kecantikan di Kota Baru Parahyangan, tersedia area Health, beauty & bridal center ruko di Bumi Palangkawati yang menawarkan 21 unit ruko dua lantai dengan luas bangunan 120 m2 seharga Rp2 miliaran per unit. Lokasinya strategis di jalan utama di depan Hotel Mason Pine.

Untuk memberikan layanan konsumen yang lebih baik lagi, Kota Baru Parahyangan sejak awal tahun ini sudah membuka Marketing Gallery mewah setinggi tiga lantai. Luas bangunannya 5.000 m2 dan dikembangkan dengan konsep green dan telah mendapatkan sertifikat green dari Green Building Council Indonesia (GBCI). [ADV]

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^