bsb city

BSB City, Makin Mudah Diakses, dan Makin Prospektif

BSB City (1,000 ha) adalah proyek properti terbesar dan terluas di Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis berada di jantung area pengembangan sisi barat Kota Semarang. Hanya lima menit dari Jalan Pantura Semarang-Batang, atau tepatnya dari pertigaan Jrakah (Kampus IAIN) ke arah Mijen. Ke depan lebih strategis lagi karena sekitar 2-3 km dari BSB City, atau di dekat Kampus II IAIN, akan dibangun tol Semarang-Batang yang merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa.

Dari BSB City ke pusat-pusat pemerintahan dan bisnis juga dekat. Misalnya ke Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di kawasan Simpang Lima kurang dari 30 menit, dan ke Kantor Pemerintah Kota Semarang di Jl Pemuda sekitar 20 menit. Sedangkan ke Bandara Internasional Ahmad Yani di Kali Banteng hanya 15 menit.

Kini BSB City makin mudah diakses dari pusat Kota Semarang karena pelebaran jalan raya Jrakah- Mijen menjadi RoW 26 m sudah selesai. Sudah tidak ada jalan yang menyempit lagi. “Kami ikut terlibat aktif dalam melebarkan jalan raya Jrakah-Mijen yang menjadi akses utama BSB City ini,” ujar Nur Cahyo Wibowo, Marketing Manager PT Karyadeka Alam Lestari, developer BSB City.

Begitu masuk BSB City jalan raya yang lebar Row 26 m tersebut dilebarkan lagi oleh developer hampir dua kali lipat menjadi jalan utama kawasan. Jalan utama BSB City yang dinamakan Jl RM Hadi Soebeno Sosrowardoyo ini memiliki lebar RoW 42 m dan panjang 3,5 km, dimulai dari gerbang utama hingga Tugu Durian. Pekerjaan pelebaran jalan ditargetkan sudah rampung akhir 2015. “Tahun ini kami fokus membangun infrastruktur,” imbuh Cahyo.

Tiga zona

Sesuai master plan, proyek kota baru ini akan dibagi dalam tiga zona: pusat bisnis (Central Business District-CBD), zona residensial, dan zona industri bersih. Zona CBD dialokasikan di sepanjang jalan utama. Saat ini sudah ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, restoran siap saji KFC, pusat belanja Giant, dan komplek pertokoan. Kemudian dalam waktu dekat Bank BCA juga akan membangun kantor plus fasilitas pendukung di lahan seluas 1 ha, Grup Djarum akan membangun office tower, dan Honda juga akan membuka showroom terbesarnya di Jawa Tengah di sini.

Sedangkan untuk sarana pendidikan anak-anak, telah hadir dua sekolah unggulan (TK, SD, SMP) Al- Azhar dan Marsudirini. Sejumlah sekolah unggulan lain segera menyusul, termasuk Kampus UNIKA Soegijapranata untuk kelas internasional. Lokasi kampus berada di area junction, dekat klaster Beranda Bali, dan tidak jauh dari Sekolah Al-Azhar dan Marsudirini.

Menurut Cahyo, sejumlah investor juga sudah menyatakan minatnya untuk meluaskan usahanya di BSB City. Ada yang akan membangun rumah sakit, membangun mall, membangun kawasan rekreasi, dll. “Mereka tengah mengunggu approval kami,” katanya.

Sementara di zona industri yang menempati area kurang lebih 120 ha sudah diramaikan 20-30 industri. Terbesar adalah perusahaan otomotif Viar, serta perusahaan gadget merek Evercross dan Advan. Ketiga perusahaan yang pemiliknya masih satu keluarga itu menempati lahan seluas 20 ha. Terbesar kedua adalah perusahaan asal Jepang Kubota yang dibangun di lahan 7 ha

Untuk zona residensial saat ini developer sedang mengembangkannya di beberapa lokasi. Untuk rumah menengah-atas dengan luas bangunan 67 m2 – 250 m2 dan luas kaveling 140 m2 – 500 m2 yang dibandrol Rp700 jutaan – Rp1 miliar lebih, tersebar di klaster Graha Taman Bunga dan Graha Taman Pelangi.

Kemudian untuk rumah premium dikembangkan di klaster Puri Arga Golf, persis di depan Club House Lakers yang sudah dioperasikan sejak beberapa tahun lalu. Sesuai namanya, klaster ini dibangun di sisi rencana pengembangan lapangan golf 9 hole. Kaveling yang disediakan besar-besar, ukuran 450-1,400 m2, sedangkan desain rumah dan pembangunannya diserahkan ke konsumen (costumized). Harga mulai Rp3 miliaran per unit.

Sedangkan untuk rumah-rumah kecil dikembangkan di BSB Village yang lokasinya kurang lebih 10 menit dari BSB City ke arah Mijen. Di sini dikembangkan tipe 30/120 Rp280 jutaan – tipe 45/120 Rp355 juta. “Peminatnya luar biasa. Hanya dalam hitungan bulan sudah lebih dari 200 unit yang terjual,” ungkap Cahyo.

Green ambiance

Kaveling terkecil di BSB City seluas 120 m2 tersebut sesuai tata ruang wilayah Ngaliyan-Mijen/ Boja yang ditetapkan Pemkot Semarang sebagai area tangkapan air dengan koefisien dasar bangunan (KDB) 40 persen. Jadi suasana kawasan tetap hijau (green ambiance) dengan lingkungan.

Dengan lokasi yang tidak jauh dari waduk Jatibarang (luasnya sekitar 300 ha) dan terletak di ketinggian 200 m di atas permukaan laut, suhu udara di BSB City pada siang hari bisa lebih rendah 2-3 derajat celcius dibandingkan di pusat kota, dan akan lebih dingin lagi di malam hari. ”BSB City sangat nyaman untuk tempat tinggal. Dengan view menawan ke arah Gunung Ungaran, Sindoro dan Sumbing, tinggal di sini serasa berlibur di kawasan resort setiap hari,” katanya.

Ia optimis dengan kesiapan infrastruktur, fasilitas yang makin lengkap ditambah komitmen developer dalam mengembangkan kota ini, konsumen dijamin akan cepat menikmati gain yang berlipat. Maka itu sekarang adalah saat tepat untuk membeli rumah di BSB City.

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^