jgc_8615

Jakarta Garden City, Klaster Yarra Investasi Menjanjikan di Jakarta Garden City

Jakarta Garden City (JGC) yang dikembangkan Modernland Group di Cakung, Jakarta Timur, adalah satu-satunya perumahan berskala kota di Jakarta yang paling prospektif untuk investasi saat ini. Diproyeksikan dalam dua atau tiga tahun ke depan konsumen yang beli rumah sekarang akan menikmati keuntungan yang berlipat dari kenaikan nilai pasarnya. Karena sebentar lagi JGC menjadi kawasan paling strategis di Jakarta Timur menyusul akan dioperasikannya akses baru yang menghubungkan tol JORR ruas Cikunir-Cilincing yang persis melintas di depan JGC dengan tol dalam kota yang mengarah ke pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan adanya akses baru itu akan mempercepat kota baru seluas 370 ha ini berproses menjadi sebuah kota baru dalam kota Jakarta (city within city). Selain hunian lengkap dengan beragam fasilitasnya yang akan berkembang pesat, pengembangan properti komersialnya juga akan melesat. Kedekatannya dengan pelabuhan Tanjung Priok akan menjadikan para pengusaha yang bisnisnya terkait dengan pelabuhan membuka kantor di JGC. Lebihlebih segala macam infrastruktur sebagai sebuah kota sudah disiapkan.

Kedua, seiring dengan semakin lengkapnya fasilitas yang disediakan tingkat hunian JGC juga meningkat pesat sehingga mendorong para investor untuk merealisasikan investasinya di kota ini. Salah satunya adalah investor asal Jepang yang kini sedang mengembangkan AEON Mall.

Ketiga, setelah pengembangan River Garden (100 ha) ini selesai, developer akan memulai pengembangan kawasan Lake Garden (100 ha) yang diproyeksikan 3-4 tahun mendatang harga tanahnya sudah mencapai Rp20 juta per m2.

Saat ini developer sedang memasarkan klaster ke-4, Yarra, di River Garden setelah sebelumnya sukses memasarkan klaster Mississippi, Thames dan la Seine. “Kalau sekarang Anda beli rumah di klaster Yarra, saya pastikan dalam tiga tahun yang akan datang akan memperoleh gain dari kaveling Rp10 juta per m2. Maka itu sekarang adalah waktu yang tepat beli rumah di Jakarta Garden City,” tegas Andy K. Natanael, Direktur PT Modernland Realty, Tbk saat mengadakan gathering agent dalam rangka product knowledge klaster Yarra di club house Jakarta Garden City 19 Mei lalu. Harga rumah di klaster Yarra mulai Rp1,3 miliar, dan akan dilaunching tanggal 6 Juni di sport club Jakarta Garden City

Sampul majalah

Animo konsumen membeli rumah di JGC dari hari ke hari memang semakin tinggi. Buktinya dalam 1,5 tahun developer sudah sukses menjual lebih dari 1.200 unit rumah yang tersebar di tiga klaster : Missisippi, Thames, dan la Seine. Jumlah itu belum termasuk komplek rumah kantor (rukan) The Walk dan komplek ruko The Avenue di Boulevard Utama yang terjual habis hanya dalam beberapa jam saja.

Di luar tiga klaster tersebut, developer juga masih memasarkan sejumlah rumah di klaster Palm Spring. Salah satu tipe rumahnya kini dijadikan sampul depan Majalah HousingEstate edisi Juni 2015. Rumah dengan luas bangunan 229 m2 yang berdiri di atas kaveling ukuran 18 x 22 m ini memiliki bangunan dua lantai. Lantai bawah untuk kamar utama, dan selebihnya untuk ruang tamu, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan, kamar pembantu, dapur, serta garasi. Sedangkan lantai atas untuk tiga kamar anak.

Di klaster Palm Spring tersedia 20 unit rumah siap huni. Pilihan lainnya adalah kaveling hoek dengan luas rata- rata 200 m2.

Harga terus meningkat

Tingginya minat konsumen beli rumah di JGC antara lain karena melihat harga rumahnya yang terus meningkat. Contoh rumah di klaster Mississippi yang dipasarkan awal 2014. Rumah dua lantai dengan dimensi kaveling 6 x 15 m dan luas bangunan 65 m2 dijula Rp900 jutaan. Sekarang rumah dua lantai dengan luas kaveling sama dan luas bangunan 54 m2 dijual Rp1,44 miliar. Jadi, dalam jangka waktu kurang dari setahun gain-nya sudah lebih dari 50 persen.

Infrastruktur yang semakin baik juga menjadi pertimbangan konsumen. Saat ini sedang dikerjakan peningkatan kapasitas jalan dari JGC menuju Kelapa Gading melalui Jl Tipar, Cakung. Jika sudah selesai JGC-Kelapa Gading kurang dari 15 menit. Akhir tahun ini PT Jasa Marga juga dijadwalkan sudah mengoperasikan jalan tol baru yang menghubungkan JORR dengan Ancol/Tanjung Priok. Dapat dipastikan dengan infrastruktur yang makin bagus harga properti akan cepat naik. Maka itu semakin banyak orang yang beli rumah di JGC.

Fasilitasnya juga semakin lengkap. Di samping sedang dibangun AEON Mall, juga sudah beroperasi Sekolah Global Mandiri (TK – SMA), salah satu sekolah favorit di ibu kota yang sudah komit membangun gedung di area 1,5 ha yang diharapkan tahun ajaran 2016/2017 sudah menerima siswa baru.

Dan, yang tidak kalah penting membeli rumah di JGC yang berada di ibu kota merupakan sebuah legacy (kebanggaan) tersendiri dibanding beli rumah di Bodetabek. Pasalnya, dengan menjadi warga Jakarta, kesempatan melanjutkan pendididikan ke sekolah negeri unggulan makin tinggi. Alumni sekolah negeri unggulan memiliki kesempatan lebih besar melanjutkan studi ke perguruan tinggi favorit.

Compact home

Seperti tipe-tipe rumah di tiga klaster sebelumnya, semua tipe rumah di klaster Yarra juga memiliki bangunan dua lantai bergaya modern dengan luas bangunan 54 m2, 65 m2, dan 80 m2 dan luas kaveling 6 x 15 m, 7 x 15 m, 8 x 15 m, 10 x 15 m dan 12 x 15 m. Setiap ukuran kaveling, developer menawarkan tiga pilihan model rumah kepada konsumen.

Rumah tipe 54 dengan kaveling 6 x 15 m dibanderol Rp1,4 miliar. Rumah dilengkapi 2 kamar tidur, 2 carport, dan 2 kamar mandi. Ideal untuk tempat tinggal pasangan keluarga berputra dua. “Rumah tipe 54/90 ini boleh dibilang semacam compact homes. Dengan memaksimalkan fungsi ruang, kebutuhan ruang untuk pasangan muda sudah terpenuhi,” kata Andy.

Kaveling komersil

Jumlah penduduk JGC saat ini sudah lebih dari 1.000 KK, Belum lagi jumlah keluarga di perumahan sekitar yang jumlahnya mencapai puluhan ribu KK. Untuk memenuhi kebutuhan mereka, developer juga gencar memasarkan kaveling komersial. Tahap pertama dilepas 1,7 ha di boulevard utama. Ukuran kaveling 1.000- 5.000 m2 yang dibanderol Rp22 juta per m2.

Beberapa resto branded dan toko bahan bangunan sudah menyampaikan minat melakukan ekspansi ke JGC. Bahkan beberapa di antaranya di akhir tahun ini berencana sudah memulai pembangunan ruang usahanya. Untuk itu segeralah memiliki rumah landed house di perumahan berskala kota yang harganya masih reasonable dan terjangkau ini. [ADV]

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^