propernas bangun apartemen

Propernas Pasarkan Tiga Apartemen Baru di Semester II 2015

PT Propernas adalah anak perusahaan Perum Perumnas yang khusus mengembangkan properti komersial di lahan-lahan strategis milik perusahaan induknya yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia, maupun lahan kerjasama dengan mitra swasta. Salah satu proyek yang sukses dikembangkan adalah mixed use Sentraland Semarang. Menurut rencana pada semester II 2015 Propernas akan lebih ekspanif lagi dengan memasarkan tiga apartemen di Bekasi dan Bandung (Jawa Barat), serta di Semarang lokasi yang kedua (Jawa Tengah).

Sentraland Semarang yang dikembangkan di atas lahan seluas 6.574 m2 lokasinya sangat strategis, di dekat Simpang Lima, land mark-nya Kota Semarang, tepatnya di Jl Ki Mangun Sarkoro, Semarang. Mixed use ini terdiri atas tiga tower dengan ketinggian 18 lantai plus satu lantai semi basement yang diperuntukkan buat apartemen, kondominium hotel (kondotel), mall, dan perkantoran.

Komplek multiguna berbentuk huruf U ini memiliki view menawan ke arah Gunung Ungaran. Lantai GF (ground floor) hingga lantai tiga dipergunakan untuk pusat belanja dengan konsep family mall yang menjual kebutuhan sehari-hari. Di lantai berikutnya untuk perkantoran seluas 2.200 m2 yang dijual secara strata title dengan luas mulai 40 m2. Di atas kantor baru apartemen dan kondotel.

Fasilitasnya untuk penghuni tersedia lengkap. Antara lain ballroom, ruang pameran, meeting room, dan dua infinity swimming pool masing-masing untuk apartemen dan kondotel. “Sentraland Semarang menyediakan sarana one stop living. Di Semarang belum ada hunian vertikal yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, hiburan dan perkantoran di lokasi yang premium di pusat kota,” ujar Chavidz Ma’ruf, Dirut PT Propernas.

Harga terjangkau

Sentraland Semarang menyasar kalangan menengah- atas terutama mereka yang ingin tinggal dan bekerja di satu komplek. Lebih dari itu Sentraland juga cocok untuk tempat tinggal mereka yang sering bertugas keluar kota. Dari apartemen menuju bandara internasional Ahmad Yani atau stasiun Tawang hanya 15 menit.

Mixed use pertama dan terbesar di Kota Atlas ini menawarkan 354 unit apartemen strata title dan 172 unit kondotel. Apartemen maupun kondotel menawarkan dua tipe yang sama : 1 bedroom (BR) dengan dimensi luas luas 28 m2 dan 2 BR 56 m2. Harga apartemen dibandrol mulai dari Rp600 jutaan, sedangkan untuk kondotel harga Rp800 jutaan. Kondotel akan dikelola Harris Hotel dengan garansi return on investment (ROI) 8 persen per tahun untuk 2 tahun pertama dioperasikan.

Dijamin aman

Respon konsumen memiliki apartemen maupun kondotel Sentraland Semarang cukup bagus. Terbukti sejak dipasarkan tahun lalu sudah sold 70 persen. Konsumen dari Semarang (35 persen), Jakarta (30 persen), dan selebihnya dari kota-kota di sekitar Semarang, seperti Kudus, Pekalongan, Tegal, Purwodadi, Pati, dan Solo.

Menurut Chavidz, ada empat kelebihan yang membuat apartemen yang dikembangkan BUMN termasuk PT Propernas diminati konsumen. Pertama, berada di lokasi strategis di pusat kota dengan memanfaatkan lahan BUMN yang belum dioptimalkan. Kedua, kemudahan dalam proses perizinan karena dimiliki oleh BUMN. Ketiga, kemudahan dalam pengadan modal baik dana BUMN maupun perbankan BMUN yang menjadi mitra kerja. Keempat, unsur kepastian dalam penyelesaian pembangunan karena didukung oleh kemudahan perizinan dan modal kerja.

“Intinya apartemen yang dikembangkan oleh anak perusahaan BUMN lebih aman dan serah terima akan lebih tepat waktu,” tambah alumni Teknil Sipil Institut Saind dan Teknologi Nasional (d/h Sekolah Tinggi Teknik- STTN) Jakarta itu.

Progres pembangunan

Saat ini Sentraland sedang tahap konstruksi. Dijadwalkan medio tahun depan sudah diserah-terimakan ke konsumen. Sambil menyelesaikan pembangunan dan menuntaskan penjualan sisa unit apartemen, kondotel, dan perkantoran di Sentraland Semarang, PT Propernas kini sedang menyelesaikan perizinan tiga proyek hunian vertikal berikutnya yang rencananya dipasarkan di semester kedua tahun ini.

Sentraland Bandung

Lokasinya strategis dekat Gedung Sate (Kantor Gubernur Jawa Barat), atau tepatnya di Jl Surapati. Dari gerbang tol Pasteur menuju lokasi melewati jalan layang Pasupati (Pasteur- Suropati) hanya 10 menit. Proyek terdiri satu tower dengan ketinggian 14 lantai ditambah satu lantai basement.

Sentraland Bandung dilengkapi fasilitas kolam renang, ruang usaha untuk minimarket, salon, resto, laundry dan beraneka jasa pendukung lain serta ruang perkantoran. Fasilitas di kawasan sekitar cukup lengkap. Bagi penghuni yang putra-putrinya ingin melanjutkan studi ke sekolah unggulan, tidak jauh dari lokasi ada SMA Negeri 3 Bandung di Jl Juanda (Dago).

Demikian juga bagi yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan swasta favorit di Kota Bandung. Ke kampus Universitas Pajajaran di Jl Dipati Ukur, ITB Bandung di Jl Ganesa atau Universitas Katholik (Unika) Parahyangan di Jl Cimbuleit hanya sekitar 15 menit. “Sentraland Bandung menyasar kalangan menengah di Bandung termasuk pasangan yang berencana meneruskan pendidikan putra-putrinya di perguruan tinggi terkemuka di Bandung,” ujar Chavidz.

Sentraland Bandung menawarkan 215 unit apartemen strate title dengan pilihan tipe studio 25 m2, 28 m2, dan 30 m2. Kemudian 1 BR 34 m2, 56 m2, 60 m2, dan terbesar 88 m2. Harga apartemen dibandrol mulai dari Rp 600 jutaan.

Sentraland Bekasi

Proyek ini terletak di Jl Siliwangi, Rawalumbu, Kota Bekasi. Dikembangkan di area 1,79 ha (yang merupakan bagian dari 10 ha perumahan Landed House Cluster Proper Botania Residence) dengan dua menara masingmasing setinggi 20 lantai (1.446 unit). Apartemen dijual strata title dengan beragam pilihan: tipe studio 18 m2, 1 BR 27 m2, dan 2 BR 36 m2..

Sentraland Bekasi memiliki diferensiasi dengan apartemen lain berupa penyediaan mal yang digabungkan dengan perkantoran. Apartemen untuk kalangan menengah bawah ini merupakan bukti kepedulian PT Propernas untuk membantu program pemerintah dalam penyediaan Satu Juta Hunian. Agar dapat dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), pemerintah akan menyediakan bantuan uang muka hingga maksium Rp 7 juta dan subsidi bunga KPA hingga maksimal 5 persen (sesuai golongan).

“Konsumen Sentraland Bekasi menyasar keluarga yang baru pertama kali memiliki rumah dan juga pertama kali menerima subsidi perumahan. Gaji pokok pemohon seperti diatur dalam Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat No. 7/PERMEN/M/2007,” tambah lulusan pascasarjana bidang Teknik Lingkungan Sanitary Engineering di IHEDELFT Belanda itu.

Sentraland Semarang 2

Proyek Propernas kedua di Kota Semarang ini terletak di Jl Kolonel Sugiono. Terdiri atas 2 tower dengan ketinggian 20 lantai. Seperti halnya Sentraland Bekasi, Sentraland Semarang 2 juga menawarkan rumah susun hak milik (Rusunami) terjangkau yang menyasar konsumen MBR yang belum memiliki rumah. Total ada 526 unit yang dipasarkan dengan menawarkan satuan hunian masing-masing seluas 18 m2, 1 BR 27 m2, dan 2 BR 36 m2. “Kondisi saat ini sedang dalam proses perizinan dan direncanakan dipasarkan mulai semester kedua tahun ini,” ujar eksekutif kelahiran Purbalingga Jawa Tengah,, 22 September 1955, ini. [ADV]

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^