papilio_8615

Tamansari Papilio, Apartemen & Kondotel di Gerbang Kota Surabaya Paling Prospektif

Apartemen di kota besar menjadi keniscayaan. Terbatasnya lahan di tengah kota dan harga yang semakin mahal menjadikan apartemen pilihan paling rasional. Apartemen juga lebih convinience, dekat dengan tempat kerja atau aktifitas, terhindar dari macet, dan fasilitas di sekitarnya komplit. Selain itu harganya juga lebih terjangkau.

Latar belakang itulah yang melandasi pembangunan Tamansari Papilio, apartemen dan kondotel yang dikembangkan PT Wika Realty di Jl Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur. Koridor Ahmad Yani adalah jalan protokol menuju pusat kota Surabaya dari Sidoarjo dan Mojokerto. Lokasinya juga dekat gerbang tol Waru dan Bandara Djuanda. “Selain di pinggir jalan protokol, di sekitar Tamansari Papilio juga banyak perkantoran dan kampus ternama,” ujar R. Sigit Pramana, Manager Realty PT Wika Realty.

Kondotel untuk mengisi kekosongan fasilitas akomodasi dan kebutuhan tempat meeting di kawasan tersebut. Selain lokasinya sangat strategis, di Sidoarjo dan koridor menuju Mojokerto banyak perusahaan di bidang industri. Kebetulan di Sidoarjo dan koridor Jl Ahmad Yani belum ada hotel yang cukup representatif.

Tamansari Papilio dibangun menyerupai bentuk L. Apartemen menjulang setinggi 33 lantai terdiri atas 494 unit. Sedangkan kondotelnya 29 lantai mencakup 226 unit kamar. Lantai 7 ke bawah dimanfaatkan untuk perkantoran, area komersial, dan parkir. Respon konsumen cukup bagus. Sejak dipasarkan akhir 2012, apartemennya tinggal menyisakan 20-an unit. Semuanya tipe 2 kamar (36,9 – 41,1 m2) seharga Rp700 – 800 jutaan.

Tipe studio laris manis dibeli orang tua mahasiswa dan mereka yang hendak menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi sekitar Tamansari Papilio, misalnya Universitas Bhayangkara (Ubhara), Petra, dan Pelita Harapan. Ketiganya merupakan perguruan tinggi favorit dan punya mahasiswa cukup banyak. Karena itu konsumen dengan tujuan investasi cukup banyak. Apartemen akan disewakan baik kepada mahasiswa maupun karyawan dan profesional di Jl Ahmad Yani dan kawasan sekitarnya. Pasar sewa tipe studio berkisar Rp3-4,5 juta per bulan (fully furnhised). Sigit mengatakan, konsumen yang membeli saat penawaran perdana sudah mendapatkan keuntungan berlipat. Tipe studio yang dulu dijual Rp250 jutaan saat ini harganya Rp450 – 500 jutaan.

Best Western

Kondotel akan dioperasikan menjadi hotel bintang 3+ oleh Best Western dengan brand CORE Hotel. Potensi pasarnya cukup bagus mengingat di sekitar Tamansari Papilio banyak perkantoran, antara lain Markas Polda Jawa Timur, Kanwil BNI, DPU, Dinas Peternakan. Dari 226 unit saat ini sudah terjual 75 persen. Harganya berkisar Rp950 juta – Rp1 miliaran (fully furnished).

Dalam waktu dekat Tamansari Papilio akan beroperasi. Direncanakan hotel akan soft opening Juni atau Juli 2015. Sedangkan apartemennya sudah diserahterimakan mulai bulan Maret lalu. “Jadi, konsumen tidak perlu menunggu lama, satu dua bulan ke depan akan beroperasi. Bangunannya sudah selesai semua,” ujar Sigit.

Dalam dua tahun pertama konsumen akan mendapatkan jaminan sewa (rental guarantee) 8 persen/tahun. Garansi sewa ini bisa dipakai untuk mengurangi harga. Dalam setahun pemilik juga mendapatkan free stay 21 point. Dengan tingkat okupansi 80 persen pengembalian modal diprediksi tercapai pada tahun ke-8. Selain itu pada tahun ke-15 konsumen juga mendapatkan cash back setara dengan investasi.

Kondotel dilengkapi tujuh meeting room dan ballroom berkapasitas 300 – 400 orang di lantai tujuh. Di lantai dasar disediakan area komersial sebanyak 12 unit untuk food & beverage (F&B), resto, dan kafe, selain laundry. Ukurannya lebih kurang 36 m2/unit seharga Rp46 jutaan/m2. Harganya sudah naik hampir dua kali lipat karena saat peluncuran harganya Rp27,5 jutaan/m2. Karena bangunannya sudah selesai konsumen bisa membeli dengan KPA. Bisa juga dengan cicilan kepada pengembang (installment) maksimal 12 kali. [ADV]

Kota Harapan IndahKota Harapan Indah
Bekasi, Jawa Barat
Bintaro Jaya Discovery AluviaBintaro Jaya
Kab. Tangerang, Banten
The Paradise Park SarakanThe Paradise Park Sarakan
Kab. Tangerang, Banten
Graha RayaGraha Raya
Tangerang Selatan, Banten
Jaya Imperial ParkJaya Imperial Park
Tangerang, Banten
Serpong JayaSerpong Jaya
Tangerang, Banten
Tips Aman Beli Rumah

Anda beli rumah untuk jangka panjang. Harganya juga tidak murah, bahkan tidak sedikit yang mengangsur 10-15 tahun. Supaya tidak salah pilih, simak tips berikut.

Selengkapnya
Syarat Mengajukan KPR

Memiliki rumah kini makin mudah, karena ada fasilitas kredit dari perbankan yang disebut Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Selengkapnya
Bunga KPR

Tingkat suku bunga KPR menentukan besar kecilnya cicilan. Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan produk kpr yang dipilih.

Selengkapnya
^